Kamis, 21 Juli 2016

Menjelang HPL

Tadi pagi ceritanya pengen sarapan di tukang lontong sayur langganan di Cilangkap, Karena ada kali lebih dari sebulan lebih gak kesana, jadi aja kangen. Karena kepotong puasa lalu lebaran, dan tiap hari lebih seneng bikin sarapan sih. Pas nyampe sana langsung disambut sama ibu2 lontong sayur.

"Eh, si eneng kirain udah lahiran" sambil elus-elus perut dan muka penuh doa, doi ngedoain yang baik-baik pastinya. Duh seneng deh. Tapi ko jadi makin serem ya. jadi kepikiran.

Deg-degan, perasaan takut, gak sabar, seneng, sedih dan semuanya jadi satu mendekati HPL. Apa sih HPL, HPL itu Hari Perkiraan Lahir? Ciye yang mau jadi seorang ibu. Pertamakali melahirkan,ga ada pengalaman, tapi ya semua kan udah kodrat wanita. Jalani saja.



Dari mulai cerita temen yang nutup-nutupin klo lahiran itu enak biar saya gak takut, sampe cerita-cerita horor, dijahit, itunya sobek, induksi, cesar.. Aaaaak.

Tapi bude selalu bilang. Semuanya itu kekuatan mindset, Jangan terlalu teriak-teriak heboh pas nanti mules, hadapi semua dengan ikhlas. Dari sekian juta wanita dimuka bumi aja bisa ko yang melahirkan normal, kamu juga pasti bisa InsyaAllah. Yang penting semuanya selamat, tidak kekurangan suatu apapun, sehat, dan jangan lupa bahagia, meskipun (katanya) sih sakit.
Persiapan yang mulai dilakukan.

1. Persiapan Fisik

Rajin-rajin olahraga, jongkok berdiri, sering jalan kaki, naik turun tangga, ngepel jongkok, atur pernapasan, dan ikutan senam hamil (jika memungkinkan).

2. Persiapan yang Dibawa Menuju Tempat Persalinan

Siapin tas yang udah ada isi perlengkapannya, jadi pas mules-mules udah tinggal cus berangkat (Belum nyiapin padahal). Tasnya itu isinya baju dan perlengkapan bayi dikit aja,jangan dibawa semua, selimut, kain batik,baju salinan buat ibu, kerudung, pembalut, bawa makanan cemilan, kali aja pengen ngemil, terus susah nyari warung.

3. Persiapan Nomor Telepon Orang Terdekat yang Sekiranya Bakalan Bantu

No HP Suami jadi no andalan pertama yang jika doi lagi ga di rumah, tapi udah mules tiba-tiba. Terus Gimana klo si suami telponnya ga diangkat. Kan kerjanya ga tiap hari pantengin HP. Nah, makanya itu harus ada alternatif no telpon yang bisa nolongin. Karena Ortu udah ga ada. Ya mungkin, Kakak jadi alternatif kedua kali ya. Itupun kalo bersedia, kalo ga ada gimana? Panggil tetangga terdekat, Ibu kosan, atau siapa ajalah yang bisa bantu. InsyaAllah pasti ada.

4. Persiapan Dede Bayi

Dibawa ngobrol terus dede bayinya. Meskipun didalem perut, dede bayi itu kan sudah berwujud manusia, yang sudah diberi penglihatan dan pendengeran. Ajak Terus ngobrol "De, nanti lahiran jangan nyusahin ya Nak, biar keluarnya gampang, pembukaannya cepet, kamunya sehat, ibu sehat ya sayaaang"
"Ibu dan ayah udah ga sabar liat wajah ganteng kamu, Nak"
"Seluruh dunia dan seisinya, langit dan bumi mendoakan dan menantikan kehadiran mu"
"Dede bayi sayang, Ayah dan ibu mu menyayangi mu, meskipun kita belum bertemu secara langsung, seperti orang yang katanya bisa jatuh cinta saat bertemu. Kekuatan cinta ayah dan ibumu melebihi itu Nak"

5. Persiapan Mental Diri Sendiri

Ketika mules-mules melanda, kata bule ku sih bilangnya akan tiba-tiba inget semua kelakuan nakal kita dulu sama ibu, Beruntunglah yg masih ada ibu, masih bisa minta maaf dan berbakti kepadanya. Nah, karena itu siapin mental yang benar-benar kuat deh. Perjuangan ibu emang bener-bener dahsyat dari mulai mengandung sampai melahirkan. Dan sebentar lagi aku pun akan merasakannya. Bismillah, semoga semuanya baik-baik saja, dilancarkan, dan berbahagia semua. Amiiin.



 


0 komentar:

Posting Komentar